Monday, June 27, 2005

Tentang Juve dan Rio

Ini cerita tentang dua sobat gue. Yang gue kenal dari jaman gue masih di SMP, dan sekarang gue anggap sebagai kakak-kakak gue.

Tentang Juve; Dia kakak kelas gue waktu gue SMP. Satu tingkat diatas gue. Pertama kenal dia pas sama-sama dikirim kepsek ke sebuah lomba Pramuka (Weiss, dulu pramuka tuh udah ekskul yang paling keren lho !hehehe). Waktu itu gue kelas dua SMP.


Nggak tau gimana alur ceritanya, dia jadi temen deket gue. Malahan, gue pernah digosipin pacaran ma dia (padahal jaman segitu mana gue ngerti soal pacaran....). Mungkin karena kita sering keliatan bareng. Abis, kepsek tuh kayaknya hobi banget manggil kita berdua. Yah, mo gimana lagi, waktu itu dia emang siswa teladan di angkatannya, juara umum dari kelas 1, dan kebetulan gue juga murid yang cukup lumayan bisa ngikutin jejaknya (gak nyangka kan..gak nyangka kan ?!). Makanya, jadilah kita bulan-bulanan sekolah buat ngikut acara ini dan itu. Hiks.

Tentang Rio; Rio nggak satu SMP sama gue. Gue kenal dia pertama kalinya di tempat kursus bahasa Inggris. Umurnya sama ama Juve. Tapi, beda sama Juve yang humoris, Rio ini lebih pendiem. Gue sempet nyangka Rio itu orangnya sombong dan sebagainya, soalnya gue nggak pernah liat dia senyum apalagi ketawa denger lelucon orang. Bikin bete-lah singkatnya. Padahal tampangnya lumayan ganteng. Dulu malah sempet gue bandingin ma Tom Cruise (mungkin gue dah perlu kacamata waktu itu kali yeee......). Sampai suatu saat, sama pemilik kursus itu, gue ma Rio dilatih khusus untuk jadi tutor, mungkin kita berdua dinilai berbakat. Nah, karena sering barengnya kita, gue jadi tau sebenernya Rio orang yang menyenangkan dan cukup humoris, meski gak segila Juve.

Saat mereka masuk SMA, gue sedih banget. Karena itu berarti gue gak bisa ketemu Juve di sekolah, dan bakalan jarang ketemu Rio di tempat kursus karena waktu kursus yang kita ambil jadi beda. Tapi kebetulan banget dua temen deket gue ini masuk SMA yang sama. Sampe gue berharap bisa masuk SMA yang sama juga. Menunggu sampai saat itu tiba, gue bikin skenario yang akhirnya bikin mereka jadi saling kenal dan jadi temenan.

Banyak banget pengalaman-pengalaman lucu yang gue alamin sama mereka. Suatu kali, kita bertiga pergi ke Rumah Sakit, ngejenguk temen sekelas gue yang jadi incerannya Juve, yang katanya kena typhus. Dengan maksud menghibur orang sakit, kita bertiga jadi kayak grup lawak panggilan, yang bikin temen gue yang sakit itu dan juga ibu-ibu yang dirawat disampingnya ketawa terus. Lagi asik-asik ngakak, eh ada suster dengan tampang sangar negor kita. “Hush, jangan berisik, yang laen jadi terganggu..” semprotnya. Spontan aja kita langsung diem, sambil tetep cengengesan n ketawa ditahan. Akhirnya suasana jadi gak enak karena kita Ja-Im. Eh, tiba-tiba aja tirai kain disamping ibu-ibu yang ngikut ketawa itu tersibak, ada kepala bapak-bapak yang nongol sambil bilang gini, “ gak papa dek, orang saya juga ikut ketawa...” Kontan aja kita jadi ngakak lagi...

Kita bertiga ini paling doyan jalan, kemana-mana kita usahakan jalan. Karena sepanjang jalan kita bercanda, jarak yang lumayan jauh jadi nggak terlalu kerasa. Tapi suatu kali, saat kita berencana pergi ke mall, sepulang sekolah, gue tiba-tiba aja ngrasa capek banget. Maklum kelas gue abis kerja bhakti waktu itu. Ditengah jalan, gue minta mereka berhenti dulu untuk istirahat. Kebetulan ada depot es kelapa disitu. Tapi mereka tetep aja mo jalan terus, alasannya mall dah deket lagi. Karena kesel gak ditanggepin, gue trus duduk ditengah jalan, sambil menghentakan kaki. Mirip bocah kalo lagi ngambek. Dua sobat gue sampe melongo ngeliat tingkah gue yang nekat gitu. Hihihi, sampe sekarang mereka gak berani bikin gue ngambek karena takut kejadian memalukan itu terulang lagi......


Semua itu cuman potongan kecil dari banyak pengalaman-pengalaman lucu (plus yang memalukan) yang gue alami setiap harinya bareng mereka.

Selepas SMA, kita bertiga mulai sibuk dengan rencana masa depan masing-masing. Juve kuliah di IISIP, dan nggak berapa lama kemudian Rio keterima jadi wartawan di majalah bahasa Inggris di Jakarta. Sementara itu, gue cabut ke Semarang karena keterima UMPTN di UNDIP.
Biar kita sibuk dengan urusan masing-masing, kita masih upayakan untuk tetep jalin komunikasi. Meski gue jarang pulang ke Bekasi, gue denger dari ortu, Juve kadang-kadang dateng ke rumah gue untuk ngobrol ma ortu gue, ato maen catur ma om gue yang tinggal di deket rumah gue. Rio juga seringkali nyempetin mampir ke rumah setiap kali pulang ngajar karate di lapangan SD deket rumah gue.

Tapi sebuah persahabatan pasti akan mengalami ujian.

Saat itu di Semarang gue dapet temen yang so spesial (ngerti dooonk maksud gue ape....). Tapi sayangnya, dia gak bisa terima gue punya temen-temen yang lebih deket dari dia. Gue dibilang gak cuman men-dua, tapi men-tiga.
Karena takut kehilangan dia, dengan bodohnya gue ngomong ke sobat-sobat gue kalo gue gak bisa lagi jadi sobat mereka. Juve yang pertama kali bereaksi keras. Gue bahkan masih inget sampe sekarang wajah kecewanya. Waktu itu dia cuma bilang gini sambil melangkah pergi, “ Sampe sekarang, sebenernya gue gak mau percaya, kalo persahabatan....bisa kalah sama yang namanya romance...” Seketika, gue ngerasa jadi orang paling jahat di dunia.
Ngeliat Juve pergi dengan terluka, tiba-tiba hati gue juga jadi terasa sakit. Dan perasaan bersalah yang gue rasain, nggak pernah bisa bener-bener hilang, sampai sekarang............
Gue ngerasa persahabatan gue dan juve nggak akan pernah kembali seperti dulu. Sesuatu yang amat sangat gue sesali kemudian...........

3 tahun lebih sejak kejadian itu, Juve kayak ilang ketelen bumi. Nggak pernah ngubungin gue. Gue cuman bisa ngadu soal ini ke Rio. Rio sendiri gak punya jalan keluar buat gue, karena dia sendiri mikir kalo gue dah keterlaluan.

Sampai suatu saat di tahun lalu, akhirnya kita bertiga bisa ketemu lagi. Juve dah kerja di salah satu stasiun TV swasta indonesia, yang punya kantor di JL Gatot Subroto Jakarta. Rio keterima jadi pramugara di perusahaan penerbangan terkemuka di Indonesia. Dan Gue, dah pake jilbab seperti sekarang. Juve kaget banget liat perubahan gue, dari cewek tomboy yang gak punya sepotong rok pun kecuali rok sekolah jadi gadis feminim yang pake rok panjang.
Pertama kali liat gue, dia malah komen, “ Emang lagi naksir anak pesantren mane ?” .
Uh sebel. Tapi biar begitu, gue bersyukur, setidaknya sejak itu kebekuan yang gue rasain selama ampir 4 tahun akhirnya cair.

Kalo gue pikir-pikir, banyak hal baik yang gue pelajari dari mereka berdua. Gue belajar jadi orang yang tepat waktu dari Juve. Kalo janjian, juve selalu tepat waktu. Kalopun dateng telat, telatnya itu cuman dalam hitungan detik. Gue masih inget kata-Kata dia, “ kalo kita dateng tepat waktu, tandanya kita menghargai orang yang dengan siapa kita punya janji. “
Kalo soal janji, Rio sih sebaliknya dari Juve. Always selalu terlambat. Tapi gue belajar jadi orang yang tekun dari dia.

Well, itu tadi cerita tentang dua orang sahabat gue. Dua orang, yang meski hubungannya gak sedekat dulu, tetep gue anggap sebagai kakak-kakak gue. Yup, They’ll always be......


No comments: