Sunday, June 05, 2005

The Magnificent Seven

Ini bukan cerita filem seri di TVRI jaman dulu lho.. (TVRI apa RCTI yeh? Lupa gue...). Yang sempet jadi tontonan Fave gue waktu masih SD.

Ini cerita soal Keluarga gue. Yang terdiri dari tujuh orang dan sering gue bilang as The Magnificent Seven. Keren kan ? keren kan ?!
Tujuh wonderful persons itu adalah : Ortu gue sepasang, ma lima anaknya, termasuk gue. (Berarti gue wonderful juga ye, hehehe).
Syukur Alhamdulillah, Allah udah ngirim gue ke keluarga yang .... (hiks, lima menit gue mikir kata yang tepat, tapi gak nemu juga... ). Dia udah ngasih kesempatan ke gue, untuk bisa hidup bareng orang-orang yang amazing menurut gue. Thanks Again, ya Rabb !

Hm. Gue mulai dari bokap, yeh. Bokap gue kerja di restoran hamburger di bilangan Bintaro. American Hamburger (AH) namanya, restoran itu dulu terkenal di kalangan anak muda di masa 70-80an. Pernah jadi trademark, malah. Setiap pagi and sore, bokap melaju dari bekasi ke bintaro dengan motor vespa kesayangannya. Bayangin aja, Bekasi - Bintaro, Man ! jauh kan... (kalo gak percaya liat aje peta jakarta !makanya daripada repot buka peta, mending percaya aje deh ama gue... hihihi). Bokap gue orangnya ulet, makanya gue bangga jadi anaknya. Wataknya keras en jarang ngomong. Hmm, mungkin watak gue yang keras kepala ini juga nurun dari bokap. Makanya gue kadangan suka otot-ototan ama beliau. Pernah suatu kali, waktu gue smp, gue ngebentak bokap gue, gara-gara hal sepele. Dan gue nyesel berat ampe sekarang. Nggak kebayang deh, nantinya gue bakal dicelupin di neraka mana ama Allah, buat nebus dosa gue itu...... hiks.
Ada satu keinginan di benak gue yang paling dalem, someday gue mo beliin motor baru buat bokap gue tersayang. Kasian beliau yang harus nempuh jarak jauh, cuman pake vespa bobrok... (doain gue ye, temen-temen..)

Sekarang soal Nyokap. Nyokap gue, perempuan paling lembut yang pernah gue temuin (yeeee, semua anak juga pasti ngomong gini, basi banget sih gue..). Gue sering heran aja ma nyokap, dengan gaji bokap yang gak seberapa, beliau bisa ngatur sedemikian rupa sehingga bisa nyukupin kebutuhan tujuh orang. Wuih ! sumpeh, gue mo tau rahasianye.
Nyokap juga orang yang nggak banyak omong, dari dulu beliau selalu ngasih kebebasan buat anak-anaknya untuk memilih, sepanjang kami bisa mempertanggungjawabkannya. Oya, nyokap gue juga yang ngajarin gue untuk jadi orang yang harus nepatin janji (iyalah ! sapa lagi coba...). Pernah suatu kali, waktu gue SD, gue dimarahin abis-abisan ma beliau, gara-gara gue bo'ong ma temen gue untuk menghindar dari janji. Inget banget ampe sekarang kata-kata beliau, " Orang itu yang dipegang kata-katanya, kalo kata-katanya dah gak bisa dipegang, jangan harap kamu bisa dapat kepercayaan. Suatu saat kamu pasti tau pentingnya mendapat kepercayaan.... " Nyokap yang pendidikannya gak ampe lulus SD, bisa ngomong bijak gitu. Dahsyat bener. Oh Mommy, ai lap yu !

Nah, sekarang tentang adek-adek gue. Gue punya empat adek, dua laki-laki dan dua perempuan. Urutannya Cewek (gue), Cowok, Cowok, Cewek, Cewek. Jarak umur kami tuh jauh-jauh banget. Jarak umur gue sama adek gue nomor dua itu enam tahun. Dari yang ketiga ke yang keempat, jaraknya tujuh tahun, trus yang keempat sama yang bontot (bungsu), jaraknya delapan tahun. Makanya gak heran, gue yang udah segede gini, masih punya adek kecil nan imut umur tiga tahun.
Gue paling seneng ngabisin waktu bareng adek-adek gue. Seringnya kita becanda-canda di kamar gue. Makanya kamar gue, gue fasilitasi biar adek-adek gue betah di rumah. kalo malem, ada yang aneh di rumah gue, gue en tiga adek gue laennya ngumpul di kamar gue, sementara nyokap-bokap kayak orang pacaran di ruang tamu, hehehe. Cuman adek kecil gue--yang umur tiga tahun itu-- yang plin plan gak bisa netapin pilihan, mo gaul ma kakak-kakaknya apa mo manja-manja ma bokap-nyokap. Jadilah dia mondar-mandir, ke kamar gue ato ke ruang tamu, saban 10 menit... lucu juga sih..hihihi.

Karena didikan nyokap, adek-adek gue juga jadi anak yang mandiri. Jarang ngeluh en nggak pernah nuntut macem-macem. Sampai gede (sekarang adek gue kuliah tingkat 3, yang satunya baru aja lulus sma, yang ketiga mau naik kelas 6 SD), adek-adek gue yang cowok gak ada yang minta uang jajan. Kadang ini bikin hati gue trenyuh, gimana nggak ? gue liat anak-anak segede mereka tuh pasti megang uang lebih minimal buat jajan, malah ada yang bisa bayar masuk diskotek, atau paling tidak buat beli rokok. Tapi gue bersyukur, adek-adek gue, bisa ngertiin kondisi ortunya.
Ini salh satu cerita soal mereka. Suatu kali, pas mau lebaran, sewaktu adek-adek cowok gue masih SD or SMP, nyokap mau ngebeliin baju lebaran. Eh, mereka nolak mentah-mentah, gak mau dibeliin apa-apa. Katanya mereka punya uang sendiri buat beli baju lebaran. Nyokap gue sempet marah, dikiranya uang yang dipakai itu entah dari mana, nyokap gue emang paling sensi ma asal usul uang di tangan anak-anaknya. Terus, Adek-adek gue dimarahin abis-abisan. Dengan muka sembab penuh airmata, uang itu diserahin ke nyokap. Dan mereka terus diinterogasi. Ternyata, usut punya usut, adek-adek gue selama romadhon bikin kerajinan tangan, entah itu layangan atau mobil-mobilan, yang terus mereka jual. Nggak taunya , hasilnya cukup lumayan. Waktu itu nyokap gue nangis denger penjelasan mereka. Adek gue tambah nangis karena takut mereka dah bikin sedih nyokap. Adegan berikutnya, adek-adek gue diciumin abis-abisan ma nyokap. Ih jadi haru deh gue......

Well, makanya kan gue bilang, gue bersyukur banget bisa punya kesempatan hidup bareng ma The Magnificent Seven. Bener juga kalo ada istilah atau kata pepatah, "Baiti Jannati", "Rumahku Istanaku", "Home Sweet Home", atau lagu yang liriknya, "Harta yang paling berharga adalah keluarga..."

Hem, satu hal yang masih gue heranin ampe sekarang, Kalo bokap en nyokap gue orangnya kalem en jarang ngomong, terus cerewetnye gue nurun dari sape yeh ?!

1 comment:

Nama : Kholidah Hanum said...

Wid, kok ane baru nemu sih postingan yg ini..hehe..padahal dah brapa kali berkunjung ke blog ente. Terharu euy bacanya...salam buat bapak n ibu ye...senengnya punya adek..Gak kayak aku..anak bungsu..hiks...ups..jd bungsu juga musti disyukuri ding..jd paling disayang sama mami..hehe