Tuesday, June 07, 2005

Gimana kabar IMAN hari ini ?

Ada satu temen chat gue yang setiap kali habis memberi salam, sewaktu ngirim instant message, selalu tanya kabar IMAN. "Gimana kabarnya IMAN hari ini?" gaya khas tulisannya.
Pertama kali baca, gue bingung. Dalam hati ngebatin, " IMAN siapa ?? perasaan mah nggak punya temen namanya IMAN." Baru ngeh beberapa saat kemudian, bahwasanya yang ditanya itu bukan IMAN, nama seseorang.
Tapi, tetep aja gue bingung harus jawab apa. Soalnya baru kali itu, ada orang nanya kabarnya IMAN, bukan kabar gue sendiri.

Jujur aja, dulunya gue gak pernah tau (ato gak mau tau yah ?) kondisi iman gue. Terlintas dipikiran aja nggak. Dan untuk pertanyaan itu akhirnya gue jawab gini, " Seperti biasa, masih pasang surut." Hehhehehe, jawaban diplomatis, kan?

Tadi malem, gue keingetan ma pertanyaan itu. Bikin gue pengen nulis apa yang tiba-tiba gue rasakan seiringan dengan hadirnya pertanyaan itu di benak gue. Kalo ada yang nanya gue waktu itu, jujur bakalan gue jawab, " kayaknya, Gue lagi Futur". Yang berarti, gue ngerasa IMAN gue gi dalam kondisi surut...

Hmmm, ternyata bener yah. Hidayah itu mahal. It has been more than a year, gue pake jilbab. Tapi, kebiasaan dan tingkah laku gue kayaknya belom banyak berubah. Gue masih seneng banget ma musik, pa lagi musik-musik yang nge-beat. Seneng nonton film. Dan lebih seneng baca buku komik atau buku cerita lainnya ketimbang baca buku tuntunan beribadah yang bener.
Eit, pake jilbab bukan berarti lantas selamet dari godaan syetan, kan ? Justru, tiap kali gue punya niatan untuk lebih dekat sama Allah, Syetan juga punya seribu jurus untuk matahin niatan gue. Nggak heran, gue sering kesandung, jatoh atau bahkan malah nyemplung ! (Ih.. sian banget deh gue !)

Anyway, sejak itu disela-sela kesibukan gue, gue nyempet-nyempetin nanya ke diri gue sendiri, " Wid, gimana kabar IMAN hari ini?" Abis, mo gimana lagi, jarang banget sih orang yang nanya begini...
Efeknya dahsyat, lho. Bikin gue jadi inget tujuan hidup gue seharusnya. Bikin gue tersadar dari kelenaan (kelenaan ?? maap yeh, lom nemu bahasa yang tepat, any suggestion ?? ).

Sayang, temen chat gue itu sekarang jarang online. Oya, belom lama ini dia nikah. Congrats Bro ! eh maksudnya Barakallah.... Semoga jadi keluarga yang sakinah mawadah wa rohmah...
Terima kasih buat pertanyaan yang bikin bingung itu. Yang ternyata, Full Hikmah.

So, Gimana kabar IMAN kamu hari ini ?

1 comment:

Nama : Kholidah Hanum said...

Aku lagi2 nginget2..siapa gerangan brother yang sering menyapa demikian. Dulu..aku juga sering dapat sapaan serupa..dan sapaan itu selalu terasa menghunjam jantung. Karena selalu saja membuatku berpikir : apa aku layak disebut orang beriman? :((