Saturday, October 29, 2005

Hidayah Itu Mahal, Man !

Kemarenan gue sempet sebel sama seorang temen gue. Gara-garanya, gue punya rencana pergi rafting eh trus die ngingetin gue soal “gak boleh seorang akhwat bepergian tanpa muhrimnya”. Bibir gue langsung manyun 2 meter saat itu juga.

Tapi trus gue jadi malu sendiri ma reaksi gue denger nasehat sebaik itu. Kok gue jadi ngambek sih ? padahal nasihat itu kan baik ? ih.

Sayangnya, fenomena kayak gini, gak cuman nimpa gue. Banyak orang yang susah banget nerima suatu nasihat baik. Meski itu untuk kebaikan diri sendiri.
Nggak tau ini soal ego atau apa.

Suatu kali, seorang temen gue pernah nyeletuk, “Gue pengen pake jilbab kayak elu, wid. Tapi nanti....” Sambil bingung, gue nanya “ Lah, napa kagak sekarang aje ? pan wajib tuh hukumnye ? napa nunggu entar ?” dan bla-bla-bla, gue terus nyerocos soal kebaikan pake jilbab. Eh trus die ngejawab, “gue aja masih kayak gini, masih sering dugem, gimana mo pake jilbab. Ntar aja kalo dah nikah.” Weks !

Ya gitu deh, Kalo kita disuruh melakukan sesuatu yang baik, yang emang udah ada tuntunannya di Agama, kayaknya susye (saking susahnya nih) banget.

Mungkin, sebenernya kita cuman takut untuk kehilangan sesuatu.
Misalnya kayak gue tadi, dilarang pergi kelayapan jadi ngambek gara-gara gue ngerasa nggak bisa lagi melakukan sesuatu yang gue suka. Atau kayak temen gue tadi, nunda pake jilbab karena takut gak bisa menikmati kehidupan yang dia jalanin sekarang ini. Atau, kayak sobat-sobat chatter gue yang masih demen ngerokok, nggak bisa (ato nggak mau) juga ngilangin kebiasaannya ngerokok, padahal mereka dah tau ngerokok itu banyak mudharatnya ketimbang untungnya. Cemen banget !

Yup itu dia. Kita itu sering takut, kalo kita menjalankan apa yang ada di agama, hidup kita jadi gak asik lagi. Padahal, aturan-aturan itu semua punya makna, gak ada yang sia-sia. Aturan-aturan itu banyak memberikan kebaikan, menciptakan keteraturan. Dan karena keteraturan itu, salah satunya yang bikin kita bisa jalan-jalan di luar dengan tenang, tanpa takut tau-tau planet jupiter iseng nyenggol bumi. Weh kok jadi ngelantur....

Hmm. Gue jadi keingetan ama celetukan temen kampus gue dulu kalo dah ngomongin ginian “ Wey, ke sorga gak gratis tau, perlu perjuangan bakal ongkosnya. Bisa dapetin hidayah itu sesuatu yang luar biasa. Soalnya, hidayah itu mahal, Man !”

2 comments:

Nama : Kholidah Hanum said...

Nice posting wid :) Hidayah emang muahaaall...tak terganti dgn apapun. Btw, moga2 temen2 widie yg masih ngerokok itu sadar yaa...klo ngerokok itu emang banyak mudharatnya. Bahkan ada yg mengharamkan lho. Amiinn...**kompakan mengaminkan bareng widie**

hanan2jahid said...

iya mbak wid, hidayah emang mahalll, nice posting. lagian, dapet hidayah bukan berarti merubah ringkah laku kita secara gak terarah, tapi lebih diarahkan, ya ngga mpok? :D