Monday, October 03, 2005

Cuman Ngomong Mah Gampang !

Beberapa hari lalu, gue sempet jadi malu banget ma seisi kantor. Gara-gara gue memforward hoax news alias berita bohong ke milis kantor. Nyesel berat deh pokoknya, meski dah diklarifikasi dengan permohonan maaf. Ih, padahal belom lama gue posting disini soal tabayyun alias cek en ricek. Belom juga lewat dua cerita ! (Liat its not only listening curhat- pen)
Harusnya gue cek dulum, berita itu bener apa enggak. Gak maen asal teken tombol forward.
Payah bener...

Untungnya, seorang temen ngingetin kesalahan gue (Thanks Mr. Xbox !). Ini nih enaknya punya temen-temen yang baek. Kalo kita salah, nggak didiemin tapi diingetin. Hiks, jadi terharu deh.
Trus gue jadi keingetan ma Al Ashr, one of my fave. Yang gini nih bunyinya :

Demi masa (103:1) Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian (103:2), kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran (103:3)

Hm, gue pikir-pikir ini emang udah jadi penyakitnya kita as human being. Kalo ada orang yang salah bertindak, selalu bisa ngomongin “begitu salah, begini lho yang bener”. Tapi tokh, pada saat dihadapkan pada masalah yang sama, dengan situasi yang sama, ternyata kita juga melakukan kesalahan yang sama. Hihihi, aneh kan ?

Nerapin prinsip “Do what you say” emang berat banget. Dulu, seorang temen kuliah gue pernah susah banget diminta jadi mentor, alesannya takut dia cuman bisa NATO alias No Action Talk Only atawa Omong Doang. Makanya jadi kesannya pelit ngasih tausiyah.

Yah, intinya, gue kudu lebih hati-hati aja dalam melakukan sesuatu. Tapi itu pun gue gak bisa ngasih garansi kalo gue gak bakal ngelakuin kesalahan semacam itu lagi.

Ah, ternyata. Ngomong emang paling gampang !

1 comment:

Nama : Kholidah Hanum said...

Kemaren aku barusan aja translate peribahasa basa Jepang : saru wa ki kara ochiru (= Monyet (suatu ketika akan jatuh dari pohon). Kira2 maksudnya : no body's perfect gitu deh. Yg penting sih...kita mau bermuhasabah thd kesalahan diri hingga tdk terulang di kemudian hari << ini sebenere nasehat buat diriku jg ^_^