Saturday, August 20, 2005

Size Does Matter ??!!

Di suatu saat, lewat jalur Instant Message.
Nanoxxx : “Katanya kamu ndut ya?”
Gue : “Eit, nggak boleh ngomong SARA lho !” (ikon jari telunjuk goyang kiri-kanan)
Nano xxx : “Gue nggak ngomongin SARA kok, mang itu nurut loe SARA?”
Gue : “SARA itu Suku, Agama, Ras dan Anggota badan.... jadi jelas gak boleh kan ?” (ikon ngikik)
Nanoxxx : “Loe tersinggung ya? Berarti loe beneran ndut ya ? Jangan-jangan lebih parah dari yang gue bayangin”
Gue : “Sapa yang tersinggung?” (ikon ngikik lagi).
Lagian salah sendiri pake bayang-bayangin, chatting mah chatting aja atuh, batin gue. Sambil ngikik juga dalem hati.

Di hari lain, sehabis interview calon staf baru.
Gue : “ Gimana nih bu ? siapa yang diambil ama Mr. X ?
Miss B : “ Gak ada. Sebel gue. Padahal tadi kandidatnya bagus-bagus.”
Gue : “ Lha ? kalo bagus, knapa gak ada yang diambil ? Cari kandidat lagi dunk neh. Mang
alesan Mr. X apa ?”
Miss B : “ Katanya, ‘kok pada gemuk-gemuk ya, tidak menarik ya. Saya mau yang pintar tapi juga jangan yang gemuk ya...’ gitu wid. Emang orang gemuk gak bisa kerja apa ! Lo liat gue kan wid, gue aja bisa kok aktif. Liat kita, yang kerjaannya dobel-dobel.”
Gue : (Sambil nyengir, ngeliat bos misuh-misuh) “ Ho’oh ya, bu. Lagian alesannya kok ajaib gitu.”
Miss B : “ Gue milih karyawan mah karena kemampuannya, gue gak tau deh konsep jepang-jepang itu soal cari karyawan. Biar gemuk kalo punya banyak potensi, emang kenapa...” (bos masih misuh-misuh)
Gue : “ Iya tau, Syukur deh. Soalnya di tempat laen cewek gemuk sering susah dapet kerja.”

Hari sabtu, gue lupa kapan, pas acara Oprah Winfrey.
Seorang cowok : “Aku baru tau waktu disuruh ngejalanin kehidupan sebagai seorang perempuan. Susah banget ternyata jadi perempuan. Terutama kalo perempuan itu bertumbuh gemuk. Saat di jalan, laki-laki lebih suka melihat gadis-gadis yang cantik dan seksi. Begitu juga di acara dansa, semua pria mengajak semua gadis cantik, sementara yang gemuk seperti aku hanya mampu memandang dari pojok ruangan. Dengan derita kehilangan kepercayaan diri yang parah. Menjadi pria gendut memang tidak enak, tapi jadi perempuan gemuk ternyata lebih parah. Karena orang tak akan ambil pusing soal pria yang gemuk, tapi kalau ada perempuan gemuk yang lewat dengan segera dia jadi bahan olok-olok yang berkepanjangan,”

-----

Size does matter ?! mungkin anemo masyarakat sendiri yang bikin jadi begini. Terutama terhadap kaum perempuan. Bahwa seorang perempuan sudah seharusnya tampil seksi dan menarik. Makanya obat pelangsing atau alat-alat pelangsing laku dimana-mana. Perempuan rela diet mati-matian untuk bisa punya tubuh langsing. Temen gue dulu malah ada yang punya resep kurus yang aneh. Katanya, “ Ngerokok aja sama nge-drugs, pasti deh bakalan kurus, soalnya kalo dah ngelakuin dua itu bawaannya gak doyan makan.” Astaghfirullah...

Gue sendiri lebih setuju kalo diet dilakukan untuk hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Kalo gemuknya bisa bikin kita punya potensi sakit jantung atau penyakit laen. Nah, cepet-cepet deh pantang makanan yang ningkatin resiko itu.

Tubuh kurus ramping bukan berarti gak ada potensi penyakit, lho. Di kantor gue, malah mereka yang kurus, yang banyak terdeteksi punya kadar kolesterol tinggi, asam urat, gula darah lewat batas normal, paru-paru basah, dan sebagainya. Alhamdulillah, gue, juga Miss B yang gemuk itu, punya catatan kesehatan yang bagus, kecuali soal berat badan yang emang lewat dari ideal.

Soal krisis Pe-De, itu mah masalah psikologis aja. Gak ada hubungannya ama berat badan. Kalo merasa berat badan kamu sebagai sebuah “kekurangan”, coba dunk cari kelebihan lain yang pasti ada di diri kamu. Kalo kamu ngerasa susah dapet kerjaan, mungkin karena aura percaya diri kamu gak keluar. Itu aja.

Emang sih, kita jadi nggak bisa pake baju-baju seksi. Susah cari ukuran baju yang pas malah. Tapi tokh itu ada jalan keluarnya. Dan soal baju-baju seksi itu, lupain aja deh. Survey dah membuktikan kalo pake baju-baju kayak gitu gak baik buat kesehatan. Bisa masuk angin, alergi debu, dan sebagainya, percaya deh !

Kamu punya badan gemuk ??
Kalo kata adek gue yang umurnya tiga taon, “ Co Wat Gicu Yoh !!”

No comments: