Friday, July 08, 2005

Work Sucks ! Part I


Belakangan ini bos gue punya hobi baru; Nambahin gue kerjaan. Dari hari ke hari kerjaan gue makin variatif. Makanya, kalo ada yang tanya soal apa kerja gue, gue pasti bilang,” Gue tenaga serabutan”.

Abis gimana ya, wong emang tempat gue di divisi GA (General Affairs)/HRD (Human Resource Department), yang katanya Hermawan Kertajaya GA/HRD itu divisi “ass hole” (ops sorry ya, itu kata om Hermawan lho..). Soalnya--kata dia lagi--GA itu divisi yang nampung segala jenis kerjaan yang udah gak bisa diklasifikasiin lagi. Persis sisa makanan yang udah gak bisa diserap ama bagian tubuh lain, sampe harusnya, dengan maaf beribu maaf, kudu ditaro ditempat tersendiri. Biar gak bikin ribet bagian tubuh yang lain. (Hiks, Tega nian si om bikin perumpamaan..).

Padahal, dua tahun lalu, gue di rekrut cuman untuk jadi ISO officer yang kerjaannya nanganin sistem manajemen lingkungan duank. Tapi, trus bos gue ngasih kerjaan tambahan untuk develop recruitment and training center. Eh, pas Big Bos gue denger soal gue yang ngarep dipindahin ke branch karena lokasinya lebih deket dari rumah gue, gue masih dikasih kerjaan tambahan jadi ibu rumah tangga di branch office. Bukannya apa-apa, meski di lokasi kawasan industri yang sama, Branch office perusahaan gue disitu ada dua. Kebayang ribetnya?

Gue sih sebenernya seneng-seneng aja dengan segala hal serabutan yang gue jalanin. Bikin gue nggak bosen ma kerjaan gue, karena sifatnya yang dinamis, dan selalu nuntut improvement. Itu semua, pastinya bikin wawasan gue tambah luas. Banyak banget hal baru yang gue dapet, yang selalu bikin gue excited untuk terima kerjaan baru.


Yang sering jadi persoalan di kerjaan gue bukan banyaknya kerjaan yang harus gue pegang, melainkan aneka karakter rekan-rekan kerja yang harus gue hadapi setiap harinya. Nggak jarang gue terima komplen, omelan, ato apalah yang bikin gak enak ati, dari rekan-rekan kantor gue sendiri, entah itu soal fasilitas kantor, sistem administrasi ato misalnya kayak yang baru-baru ini, soal kenaikan gaji dan bonus.

Heemm. Coba deh ikut ngrenungin, Kalo kamu berkonflik dengan customer ato supplier ato siapa aja di luar tempat kerja, kamu tinggal balik ke kantor dan gak perlu liat tampang orang yang dah bikin gak enak ati. Tapi, as GA, gak bisa gitu.
Yang dihadapi itu temen-temen sendiri, bagaimanapun rasa gak enak yang kita terima, kita dituntut untuk ngejaga suasana kantor tetep kondusif. Meski kadang, dengan begitu rasanya seperti diinjak-injak dan gak dihargai.
Dari awal seh atasan gue, si miss B yang gue ceritain di “Menyoal Jodoh” itu, udah sering ngingetin gue, bahwa di kerjaan ini gue dituntut untuk selalu berlapang dada dan berbesar hati. Kalo ada konflik, hadapilah dengan kepala dingin. Ini yang agak sulit, karena jujur aja gue kadang suka ngrasa gregetan. Aih, Gue jadi kepengen nyanyi, “ GA (baca: Ji-e) juga manusia...punya rasa..punya hati..---”

Well, bekerja ngadepin manusia emang banyak dinamikanya. Komplen atau rasa ketidakpuasan pasti akan terus gue terima, seberapapun divisi gue berusaha memuaskan karyawan. Karena pada dasarnya, emang manusia itu kan emang gak pernah puas. Terlebih lagi gue kerja di perusahaan PMA yang didalamnya banyak ketimpangan. Dimana orang lokal gak punya bargain power yang kuat, dimana semua hal kudu nurut ama manajemen.
Yang bikin gue gerah, kalo ada konflik antara manajemen dan karyawan, maka divisi gue yang jadi bulan-bulanan. Di satu sisi manajemen mendesak kita untuk melaksanakan perintah mereka (yang kadang berlawanan ama nurani), sementara disisi lain pihak karyawan mendesak kita untuk terus fight memperjuangkan mereka (padahal hasil perjuangan kita juga belom tentu mereka hargai), bahkan seringnya, tanpa tau apa-apa, mereka menuduh kitalah yang menciptakan ketimpangan. Hiks sedih banget.

Tapi gimanapun, gue cukup seneng bisa kerja di tempat gue kerja sekarang ini. Selain sebab yang udah gue jelasin diatas, satu hal lagi, disini gue gak perlu ribet soal dandanan atau bagaimana tampil modis. Sumpeh, gue paling gak mudheng soal begituan. Gue cukup pake pakaian yang nyaman buat gue kerja. Untungnya bos-bos gue gak ada yang komplen soal penampilan gue yang bisa dibilang semau gue.

Ngomongin soal kerjaan, gue jadi keingetan curhatan seorang temen gue, yang kerja di perusahaan farmasi Jerman di Bogor. Dia juga ngadepin persoalan sama bagian GA/HRD ditempatnya. Katanya sih soal transparansi di kantornya (yang kayaknya juga jadi persoalan di kantor gue).

GA lagi...GA lagi, Maap yah kalo kita-kita ini sering mengecewakan anda semua, namanya juga department “ass hole” (ups..! )


No comments: