Monday, July 25, 2005

Not An Everyday Adventure


Sabtu, tanggal 23 Juli 2005 kemaren, untuk memperingati Hari Anak (hehehehe, nggak dink!), gue berafting ria alias arung jeram bareng temen-temen kantor gue.
Ini rafting kedua yang gue lakuin, gara-gara temen-temen kantor banyak yang iri sama poto-poto pas gue rafting pertama kali ama Team Advance.

Lokasi raftingnya di Sungai Citarik yang ada di daerah Sukabumi. Berapa kilometer tepatnya dari Kota Sukabumi, gue gak apal, yang jelas jauuuuh banget. Lama perjalanannya kira-kira 3,5 – 4 jam dari Jakarta. Jalan menuju start pointnya berkelok-kelok, mirip jalan di Alas Roban yang di Jateng itu, tapi pemandangannya lebih keren. Soalnya, kita ngelewatin kebun teh, terus juga ngelewatin hutan karet. Waktu melintas di hutan karet, banyak penyadap karet yang lagi nungguin mobil pengepul karet. Asik banget ngeliat kesibukan yang gak kita liat sehari-hari. Oya, Kita juga ngelewatin berhektar-hektar kebun kelapa sawit milik PT Perkebunan. Udaranya sejuk, jauh dari polusi, sampe kita mutusin untuk buka jendela mobil selama perjalanan. Rasanya, syaraf-syaraf gue yang tadinya semrawut pada balik ke tempat semula. Subhanallah......

Di rafting pertama, team advance nyoba jalur yang pendek, yang cuman ngabisin waktu sekitar 1,5 – 2 jam. Karena ngerasa kurang menantang, kali ini kita milih jalur yang agak panjang, 15 kilometer, yang waktu tempuhnya sekitar 3 jam. Tapi karena debit air kurang, waktu tempuh jadi agak lama, sekitar 4 jam. Rafting itu emang paling enak kalo debit airnya diatas 90 cm, yah kira-kira di sekitar pertengahan sampai akhir musim hujan. Itu karena, kapal kita gak perlu kebentur-bentur atau nyangkut di batu yang mencuat. Kalo waktu pertama kita bisa nikmatin arus Class III, kali ini cuman bisa nikmatin arus Class II. Oya, gue kasih tau, ada enam Class atau skala kesulitan sungai nurut The American Whitewater Affiliation’s (AWA) International Scale of River Difficulty. Class I yang paling gampang, arusnya gak begitu deres, rintangannya sedikit, dan gampang dilewatin. Class VI yang paling susah, yang ini cuman bisa buat para ahli, karena bahaya banget kalo gak terlatih. Tapi tenang aja, kata guide yang ada di “Arus Liar” (nama organizernya), sungai-sungai di Indonesia umumnya paling tinggi berkelas III.

Sebelum rafting, kita pake pengaman yang antara lainnya pelampung dan helm. Kita juga dibekali training singkat untuk tau cara ngendaliin perahu karet. Kita juga dikasih tau sikap badan yang bener kalo apes-apesnya kita nyemplung ke air. Di tiap perahu ada pemandu yang ngasih komando ke kita. Kalo kita kompak dan nurut ma pemandunya, Insya Allah resiko kecemplung ato kena celaka jadi kecil. Tapi gak jarang pemandunya jail, ngerjain kita supaya kecemplung ato minimal jungkir balik dalem perahu. Makanya kalo someday kamu rafting, jangan bengong yee....

Jeram-jeram di citarik lumayan banyak, beberapanya sangat berbahaya kalo debit air mencapai level tertentu. Eh ya, jeram-jeram itu dikasih nama lho sama orang-orang sana, ada yang namanya jeram goyang (karena bikin perahu miring goyang-goyang), jeram Nia Daniati (karena dulu Nia Daniati katanya pernah kecebur di jeram itu), jeram Jumping Jackflash (yang bikin perahu bener-bener jumping, sampe semua rafter bisa terpelanting keluar perahu), jeram panjang (jeram yang panjangnya 200 meter), jeram walkway (karena saking berbahayanya kalo dilewati pas debit air tinggi, maka para rafter mending ngangkat perahu trus jalan di pinggir), jeram susu (yang kata pemandunya karena ada dua batu yang ..ah nggak enak kalo diterusin), jeram kuda (yang bikin perahu jadi nandak-nandak kaya kuda liar), dan masih banyak lagi. Wah pokoknya asik lah. Cause its not an everyday adventure, right ?!


Hmm, Gimana kalo kapan-kapan kita rafting bareng ?

No comments: