Friday, September 09, 2005

It's Not Only Listening Curhat...

Fiuhhh, minggu-minggu ini rupanya minggu orang curhat. Nggak di Real, nggak di cyber. Curhatnya macem-macem, dari persoalan utang-piutang, kerjaan, sampe urusan jodoh or cinta-cintaan. Hmm, seneng juga sih, dipercaya orang jadi tempat cerita. Tapiiiiii……….

Dengerin curhatan mang keliatannya gampang, tinggal pasang kuping duank. Atau, kalo di cyber, tinggal allow orang yang mo pm and kita tinggal pasang mata sambil sesekali neken kursor buat nyimak isi curhatan. Tapi ternyata nggak cuman itu.

Jadi tempat curhat ternyata kudu siap mental. Denger apapun nantinya yang akan dituturkan. Karena isi curhatan bisa jadi hal-hal yang di luar dugaan.

Yang susah itu kalo isi curhatannya berkenaan dengan seseorang.
Bukannya sok bijak, tapi ngadepin curhatan model begini emang kudu ati-ati. Karena salah-salah, bisa berujung fitnah.
Bukan apa-apa, ini karena biasanya, begitu kita mendengar hal buruk tentang seseorang atau sesuatu, kita langsung percaya. Kemudian mengubah opini kita, hanya karena selentingan yang kita dengar. Padahal selentingan yang kita dengar belum tentu benar.
Makanya konsep tabayyun alias cek dan re-check kudu di pegang kuat. Tapi sayangnya, sering banget karena yang cerita itu orang yang dekat dengan kita, kita jadi lupa ma konsep tabayyun tadi.

Kebayang gak kalo yang diceritain ke kita tentang seseorang itu ternyata gak 100% benar ? atau malah bohong belaka ? tapi karena “keliatannya” bukti-buktinya kuat, lantas kita percaya, lalu ikut menyebarkan kebohongan tersebut. Wew, jadi ikut ambil bagian dalam fitnah dunk ya….

(24:15)
(Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.

Gue sendiri pernah jadi korban dari hal model begini. Seorang temen sempet marah sama gue, karena sesuatu yang gue katakan tentangnya ke orang lain. Lalu orang lain ini mengcopy-paste apa yang gue pernah omongin itu ke temen gue itu. Kalau saja copy paste itu mencakup semua hal yang gue omongin, mungkin gak akan jadi begitu. Persoalannya, copy pastenya hanya mengcopy paste sebagian saja, dengan menghilangkan sebagian. Akhirnya temen gue itu kan jadi salah terima. Untungnya, masalah itu bisa diselesaikan. Dengan saling tabayyun, plus keikhlasan hati untuk saling memaafkan kesalahpahaman.

Sesorang di masa lalu, juga pernah ngomong gini ke gue, ”Jangan pernah langsung mempercayai sesuatu yang kamu dengar atau kamu liat. Jangan terlalu gampang terpengaruh. Selalu cek dan ricek, lalu beri kesempatan bagi nuranimu untuk menilai.”

Hmmm………

1 comment:

Endah KR said...

yakakakka bener mbak widi...

bener2 100% tampa pengawet..

jgn dikira enak dipercaya orang dengerin curhatan...
jujur itu kayak kisah tragis, dengerin orang curhat ttg orang lain yg kita kenal juga...

kadang daku malah ngerasa jadi uler kepala dua kalo tiba2 orang yg di ceritakan ujung2nya curhat juga....

makgedumbarang gitu rasanya