Wednesday, February 02, 2005

Menyoal Jodoh....

Pagi-pagi, dengan tampang super kusut, bos gue tercinta yang biasa dipanggil Miss B itu menghempaskan badan gempalnya di kursi depan meja kerja gue. Gue cuma melongo. Kagak kaya biasa-biasanya neh, batin gue.
Soalnya si Miss B ini biasa dateng ke kantor dengan wajah bulatnya yang ceria, Full senyum sambil menyapa hangat semua orang yang dia lewati, even Office boy sekalipun, dan biasanya sambil ribet ama barang bawaanya yang segambreng. Nah, kalo udah pasang tampang cembetut gitu, pasti something very wrong had happened...


Singkat cerita, bos gue itu curhat kalo semalem ada acara keluarga di rumahnya. Dia emang paling sebel sama yang namanya acara keluarga. Bukannya apa-apa, tapi di acara keluarga itu dia sering jadi bulan-bulanan sepupu-sepupunya yang rata-rata udah punya anak 2 - 3 orang. Yah, apalagi kalo bukan soal kata "M" itu alias Married.....
Di usianya yang hampir 40, bos gue itu emang tergolong orang yang santai banget dalam hal "mencari pasangan or pendamping hidup". Kalo dah bahas yang beginian, dia selalu bilang, " Masa gue harus nyomot orang di jalan trus gue nikah gitu aja, tanpa gue punya feeling so good ke orang itu, dan gue harus hidup sampe akhir hayat gue dengan orang itu ? no way lah.." (WEKS....mang sapa yang nyuruh nyomot dari jalan, Bu....... hehehhehehehe....maap ye Bu.....)

Menyoal jodoh, gue sebenernya juga gak terlalu paham. Soalnya gue sendiri juga lom nemu. Tapi kalo soal mencari pasangan, hemmmm... pernah nih temen gue sharing soal ini. En dia punya pendapat yang ajaib soal ini. Dia bilang, " mencari pasangan itu ibarat kita lagi nunggu angkot." Trus dia jelasin maksud dari pernyataannya itu, " Ketika waktu kita cukup luang, kita jadi sangat pemilih. Setiap angkot yang lewat dikomentari. kita bilang "Ah, angkotnya jelek." Ada yang lewat lagi ," Ah, yang yang nyupir ugal-ugalan" terus dan teruuuuuus begitu....
Tanpa sadar waktu kita dah mepet, harus cepet-cepet berangkat kalo gak mau bener-bener terlambat. Akhirnya begitu ada angkot lewat, kita langsung naek aja, gak liat-liat lagi. Baru tau ditengah jalan, ternyata kita udah salah naik angkot, eh jurusannya berlawanan arah pula dari yang kita mau "... HIKS.
Sian banget deh kalo dah gini...

Seorang temen yang lain pernah bilang gini sama gue, "Mungkin Tuhan menginginkan kita untuk bertemu dengan orang yang tidak tepat sebelum bertemu dengan orang yang tepat. Jadi ketika kita akhirnya bertemu dengan orang yang tepat, kita akan tahu betapa berharganya anugerah tersebut."
(yah, Nurut gue sih ini pembelaan diri aja, kalo ngeliat mantan pacarnya yang lebih dari selusin...hihihihihi)

Temen gue yang lainnya lagi pernah nanya gini lewat PM (Private Message-nya Yahoo Messenger), "Sampai kapan seorang cewek nunggu kepastian dari seorang cowok? Kenapa sih Cewek nggak coba ngelamar cowok, bukannya dulu Siti Khodijah juga ngelamar Nabi SAW ?" WAH !

Bro, Seandainya ada pria seperti Nabi SAW, pastilah kita yang perempuan-perempuan ini rela melamarnya... Berebutan malah..

Sebenernya, seringkali kita sendiri yang membuat rumit sesuatu yang mudah, termasuk dalam urusan mencari pendamping hidup. Padahal Allah dah buat pedomannya : "Apabila datang kepadamu seorang laki-laki (untuk meminang) yang engkau ridha terhadap agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia. " (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad). Its Just that simple !
Tapi, Kita terlalu asik dengan detail list kriteria-kriteria calon pasangan hidup kita. Harus yang begini, harus yang begitu. Tanpa sedikitpun menyadari, bahwa diri kita sendiri ini punya banyak kekurangan.
Dengan egoisnya, kita menyusun kriteria pasangan kita, sambil berharap pasangan kita nantinya dengan rela menerima kekurangan-kekurangan kita apa adanya... WEW maunya !

Sungguh karena Maha AdilNya, Allah tak kan berikan kita pasangan yang sempurna, karena kita pun tidak sempurna. Dengan demikian, diharapkan kita bisa saling menyempurnakan, saling menutupi kekurangan. Justru, gue pikir, orang yang sempurna mungkin malah gak butuh orang lain.

Lain lagi cerita seorang temen gue, yang jatuh cinta sama seorang cewek. Sayangnya rasa cintanya ditolak mentah-mentah sama sang cewek, maka jadilah dia bertepuk sebelah tangan (mang bisa ??!!). Sampe sekarang dia masih belom bisa nerima kenyataan itu. Kalo lagi curhat ke gue, topiknya selalu soal itu. Berkali-kali gue nasehatin dia untuk bisa nerima kenyataan, en untuk "move on". Tapi kayaknya susah banget buat dia untuk itu. ALlah kan lebih tau mana yang baik buat hambanya, kalo emang skenarionya begitu, mungkin emang itu yang terbaik buat dia. Kok kayak gak percaya sama Allah aja.... (eits, kok gue jadi sewot gene...)

Btw, Semoga aja bos gue nggak baca blog gue ini. Kalo tau dia jadi background cerita disini, mungkin postingan gue berikutnya adalah copy paste dari Surat Pemutusan Hubungan Kerja....Hiks..hiks....

1 comment:

Hakim said...

Hmm nice story...seperti yang pernah ane denger waktu makan siang dr seorang temen kantor ane...bahwa ada istilah spt ini :
1. ketika usia 20- orang akan berkata : "Siapa saya..?!" 2. Ketika usia 25-an akan laen lage perkataanya : Siapa Dia..?!" 3. Ketika 30-an beda lagi apa yang dilontarkannya : Siapa sajahlah..!" hehehe kgk ngerti pan maksud nye..?