Wednesday, February 02, 2005

Cowok Madesu ? No way !

Jam dinding udah nunjukin pukul 08. 40 malem, waktu sebuah sms masuk ke hp tercinta gue. Dari salah satu temen ceting yang gak pernah gue liat tampangnya selain di friendster. Itu juga kalo emang bener dia majang foto aslinya. hehehehe....
Kaget juga dapet sms dari dia, soalnya gak biasa banget dia kirim sms. Tapi lebih kaget lagi baca isi smsnya, yang kira-kira gini, " Wid, nape seh kalo gw kenalan ma cewek trus ngaku jobless, tuh cewek-cewek pada gimanaa gitu. Beda banget kalo gw ngaku PNS. Ini sering banget lho terjadi. Gimana nurut pendapat lo ?"
Gue bengong sesaat. Mikir jawaban yang tepat. Pan takut nyingung perasaan... hehehhehe.
Terus gue ketik reply gue, " Soalnya cewek mungkin gak mau punya temen madesu alias masa depan suram. hehehehhe.." Becanda lho ini.....

Nggak berapa lama, masuk sms lagi. Masih dari orang yang sama. " Tapi gue kecewa banget ma circumstance kaya gini. Ketulusan dah drop banget, keikhlasan apalagi. Dan ini terjadi bukan cuma waktu gue kenalan sama cewek "biasa", tapi juga para "akhwat" yang notabene seharusnya mereka lebih "melek" soal ini" keluhnya. (eh ini termasuk ngeluh nggak sih..? )

Cukup lama gue mikir apa yang harus gue reply. Akhirnya gue reply begini, " Mungkin sebenernya gak begitu amat, bro. Jangan keburu apriori. Kali aja lu lagi apes. Tapi terus terang, gue sendiri bakalan ilpil kalo ada cowok bilang dia jobless, masa seh dia nggak bisa ngerjain satu pekerjaan halal sekalipun ? kok sounds like pemalas yah. Kan bisa aja dia jadi loper koran, supir, kenek ato apa aja. Ato jadi guru privat kalo emang punya ilmu yang mumpuni..."
Ini Jawaban jujur gue. Masa seh nggak ada satu pekerjaan halal pun yang bisa dikerjain ? Please dech...

Dah lewat dari jam 9.00 PM, waktu replynya masuk lagi ke hp gue, Dia bilang gini, "Paling Nggak, Gue mengidam-idamkan suatu kedaan dimana orang saling mengasihi tanpa status. Urusan Rizqi tidak melulu berkaitan dengan males lho, tapi seringnya karena kesempatan." Hm, Iya juga seh.
"Kalo lo emang ngidam begitu, lo kudu inget 3M. Mulai dari diri sendiri dst-dst. kalo lo udah bisa nerima orang laen tanpa liat status, mudah-mudahan bisa nular ke orang laen. Tenang aja bro, masih banyak janda-janda montok..eh.. maksud gue masih banyak kok orang yang ngidam hal yang sama kayak lo.. Semoga aja dengan makin banyaknya orang kayak elo, dunia jadi tambah nyaman.... " jawab gue sekenanya. Setan Sok tau gue lagi kumat kayaknya waktu itu...

Setelah sms-an, gue jadi bengong (ngomong-ngomong, ternyata gue suka bengong ye...), mikirin apa yang barusan diomongin ma temen gue ini. Untungnya pembicaraan itu nggak panjang lebar, kan kasian jempol gue.


Memang terkadang, untuk berteman aja kita masih suka pasang kategori. Emang bener sih, sapa yang gak bangga, punya temen yang keren, kerja di tempat bergengsi, apalagi kalo punya jabatan penting di perusahaannya itu. Lebih dahsyat lagi kalo dia juga orang terkenal, ato minimal anak orang terkenal lah. Tapi yang terpenting dari seorang teman kan bukan itu, "melainkan adalah orang dimana kamu dapat duduk bersamanya dan merasa terbuai dan tidak pernah mengatakan apa-apa dan kemudian berjalan bersama. Perasaan seperti itu adalah percakapan termanis yang pernah kamu rasakan. Benarlah bahwa kita tidak tahu apa yang kita dapatkan sampai kita kehilangannya. Tetapi benar juga bahwa kita tidak tahu apa yang hilang sampai itu ada. " Begitu kata sebuah artikel yang seliweran di internet yang pernah gue baca..

Lain lagi kata seorang teman, yang bilang gini dalam status YM-nya, "Seorang teman sejati akan membuat anda hangat dengan kehadirannya, Mempercayai akan rahasianya, dan mengingat anda dalam do'a-do'anya" Wuih, Indah banget kan ? Itulah makna teman. Bukan yang cuman nemenin saat having fun, tapi ngeloyor pergi pas kita ketiban susah ....

Eh, balik lagi soal akhwat tadi ya, kalo akhwat jadi ilpil (ilang piling) karena status jobless dari seorang ikhwan, mungkin ini berkaitan dengan masa depannya. Seorang "akhwat sejati" kan tidak mungkin berhubungan dekat dengan seorang ikhwan secara sembarangan. Kalo ada yang mau berhubungan dekat, itu berarti sang ikhwan harus berani berkomitmen untuk menikahinya. Dan itu berarti, sang ikhwan harus siap untuk menafkahi dirinya dan keluarganya nanti. Nggak muluk-muluk, kan ?! Tapi kalo ikhwan yang dikenalnya aja punya status jobless, gimana gak jadi ilpil coba ??......
Eits, jangan langsung ngatain cewek matre dulu. Kita-kita cuman pengen memotivasi para ikhwan aja kok. Swer ! (ini asli bukan pembenaran diri lho...)


Jadi nurut gue, konteksnya beda. Untuk jadi temen boleh lah kita bertemen ma siapa aja. Gue sendiri gak keberatan punya temen kenek angkot (lumayan...kali aja jadi sering dapet gratisan.. hehehehe), tukang koran, tukang somay, tukang batagor, tukang mie ayam (kalo yang terakhir-terakhir ini mah emang cs-an gue, yang badoger alias tukang makan ...) ato apa aja lah profesinya. Yang penting halal. Tokh Allah cuman mandang dari takwanya. Belom tentu juga kan, gue ini lebih baik dari temen-temen gue--yang nurut pandangan orang status sosialnya dibawah gue. Tapi kalo untuk dijadiin suami, nggak salah kan kalo akhwat cari suami yang memang mampu menafkahi diri dan keluarganya ? ya nggak...ya nggak..??

1 comment:

Hakim said...

hmm (bentar gw pengen ketawa dolo..=red) pas baca status "YM" temen nt wd...
Ane rasa bener wd apa yang nt reply ma temen nt tuh...lagian juga tuh temen masa mo bilang dirinya jobless....ya mana ade akhwat nyang mau..emang tuh dapur sape yang mo asepin...hehehehe....
Klo menurut ane...soal kerjaan juga penting tapi bukan yang terpenting....ttp yang paling penting agamanya....

Ane sech kalo ada akhwat...liat bebet..bibit..ma bobot nya...tapi seperti yang gw bilang agamanya....gpp akhwat cantik juga..kaya...subur...yang penting sholehah..bener ga..?!...